PROFIL SEKOLAH
MI TARBIYATUL MUTA’ALLIMIN I
1.
Sejarah MI Tarbiyatul Muta’’allimin 1.
Keterbelakangan Pendidikan Agama di Desa Cangko akibat
kekurangan sarana pendidikan agama yang memadai, menjadi dasar terbentuknya Madrasah
Ibtidaiyah Tarbiyatul Mutaallimin Cangko I Kabupaten Indramayu, yang merupakan salah
satu lembaga pendidikan dasar yang berciri khas Islam yang berada dibawah
naungan Kementerian Agama.
Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mutaallimin Cangko I didirikan
oleh Masyarakat Desa Cangko pada tahun 1962 dilingkungan yang pada masa itu
masih dianggap terbelakang, dengan luas bangunan 300 M2 memiliki tujuan awal memberikan
pendidikan dasar agama. MI Tarbiyatul Muta’allimin 1 pada awalnya bernama
Madrasah Ibtidaiyah PUI ( 1951 s.d 1962 ) dan mengalami perubahan nama Madrasah Ibtidaiyah
Tarbiyatul Muta’allimin pada Tahun 1962
yang di sahkan oleh Surat Keputusan Kantor Wilayah Departemen Agama No. W.i /
HK. 008 / 713 / 1991, selain perubahan nama, MI Tarbiyatul Muta’allimin 1 juga
mengalami peralihan kepemipinan diantaranya: Waskiyah ( 1951 s.d 1962 ), K.H. Nasuha ( 1962
s.d 1983 ), K.H.Hidayat (1983 s.d 1991), Kapidin ( 1991 s.d 1997 ) dan Fatoni,S.Ag ( 1997 s.d Sekarang ).
MI Tarbiyatul Muta’allimin 1 berusaha mendidik dan
mencetak penerus bangsa yang memiliki ilmu pengetahuan dan pendidikan agama dan
berusaha menyiapkan lulusannya menjadi generasi yang cerdas dan bertaqwa kepada
Allah SWT, serta kompetitif dibidang Iptek dan Imtaq. Untuk mendukung mencapai
tujuan tersebut, pada saat ini Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mutaallimin
Cangko I Kabupaten Indramayu telah memiliki sarana dan prasarana dan tenaga
pengajar yang berkompeten dari sisi kualitas maupun kuantitas yang dirasa siap
untuk melaksanakan tugas menuju perubahan yang lebih baik.
2.
Visi dan Misi Madrasah
a.
Visi
“ TERWUJUDNYA
SUATU LEMBAGA PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS, MAMPU MENCETAK SISWA SISWI YANG
BERIMAN, BERAKHLAK MULIA, CERDAS, BERPRESTASI, MANDIRI, DAN BERWAWASAN GLOBAL. “
b.
Misi
- Menumbuh suburkan penghayatan terhadap ajaran agama islam
sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
- Melaksanakan kegiatan pengajaran, pendidikan, dan
pembimbingan secara efektif dan bermutu, agar siswa siswi dapat berkembang
secara optimal.
- Mendorong dan memfasilitasi siswa siswi untuk menemukan
potensi dirinya sehingga dapat mengembangkan dirinya dan orang lain.
- Menerapkan manajemen pendidikan yang berbasis mutu
madrasah dengan melibatkan seluruh komponen madrasah.
3.
Tujuan Madrasah
a.
Membentuk pribadi siswa siswi yang beriman dan bertakwa.
b.
Membimbing siswa siswi agar mampu mengamalkan ajaran
agama islam
c.
Mendorong siswa siswi agar mampu meningkatkan bakat dan
potensinya.
d.
Memberikan bekal ilmu pengetahuan, agama, dan umum
e.
Menjalin dan membangun sinergi yang positif antara
madrasah,pemerintah dan masyarakat.
4.
Rencana Strategis
a. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan
melalui pendidikan formal minimal Strata 1 yang sesuai bidangnya, penataran, Diklat,
Dll.
b. Mengembangkan Kurikulum sesuai dengan kebutuhan
masyarakat dan perkembangan zaman melalui meusyawrah kepala madrasah,tenaga
pendidik dan kependidikan, yayasan, komite, narasumber dan masyarakat.
c. Meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar serta
bimbingan berdasarkan pendekatan PAIKEM disertai media pembelajaran yang
memadai.
d. Menambah kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menunjang
tercapainya pendidikan karakter, seperti pencak silat, Bina Olah Raga Prestasi,
Keagamaan, Kepanduan, Kesenian, dan Keterampilan.
e.
Menambah sarana dan prasarana belajar seperti
Laboratorium Bahasa, Dll.
f.
Meningkatkan Kerjasama dan meningkatkan sinergi yang
positif antara komponen madrasah dengan pemerintah dan masyarakat.
g.
Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dan
kependidikan.
h.
Meningkatkan kemanfaatan tekhnologi tepat guna dan
berdaya guna.
i.
Melakukan evaluasi diri
j.
Mengusulkan akreditasi tepat waktu.
k. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh
Kementerian Agama,Pemerintah ,yayasan, dan Komite Madrasah
No comments:
Post a Comment